Memiliki Musik dalam Hidup

Irene Iskandar
2101630283

Menjadikan musik sebagai pengungkap perasaan bukanlah hal yang tidak biasa bagi orang di dunia ini. Faktanya, musik dapat menjadi alat yang berguna untuk mencapai intelektual, sosial dan sisi kreatif yang masksimal dari seseorang. Bahkan ada juga beberapa orang yang menjadikan musik sebagai inspirasinya serta mencintai musik sepenuh hati sehingga dapat menuangkan rasa cintanya itu kepada sebuah melodi musik yang dirangkai dengan indah.

Seorang musisi asal Moreno Valley, California yang bernama Arthur Joseph namun orang lebih mengenalnya dengan nama ‘AJ Rafael’ telah menjelajah dunia musik sejak umur 4 tahun ketika ia bermain piano, ia terinspirasi dari ayahnya yang sudah meninggal ketika ia berumur 9 tahun. AJ Rafael memulai karirnya dalam bermusik di tahun 2004 ketika ia menulis lagu pertamanya ‘How’s San Diego Pauli’.  Ia mulai tampil di kota sendiri dimana ia mampu mendapat kesempatan untuk menjelajahi lebih lanjut mengnai industry musik. Setahun kemudian, ia memproduksi album pertamanya di garasinya pada akhir tahun 2005. Ia pun mulai terus tampil baik dalam maupun luar negeri.

AJ Rafael pun menjadi salah satu musisi ternama dengan jaringan sosial terbesar.  Ia menggunakan sosial media sebagai mediumnya menyebarkan musik dengan lebih dari 700.000 subscriber di Youtube. Para penggemarnya telah menunjukkan pengaruh mereka yang sebenarnya ketika album  AJ Rafael ‘Red Roses’ rilis di Juni 2011. Album tersebut menjadi salah satu dari 10 album terbaik dan meraih peringkat ke 13 di Billboard ‘Heatseeker’. Lagu-lagu yang ia nyanyikan merupakan karyanya sendiri yang ia tulis dan dituangkan dalam karya sebuah lagu. Lagu-lagunya terus didengar bagi para penggemarnya hingga hari ini walaupun lagu tersebut sudah beberapa tahun bahkan belasan tahun lamanya.

‘Saya terlahir untuk bermain musik. Saya tumbuh hidup untuk musik. Saya telah belajar untuk bernafas musik.Saya sudah merasa berhasil dalam arti bahwa saya telah menyentuh hati orang lain dengan musik saya. Saya hanya berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk memiliki musik dalam kehidupan mereka: ya itu semua tentang itu. Popularitas, uang, perhatian, maksud saya semua itu bagus (bukan berarti saya mendapatkan banyak)  tapi itu semua sementara … musik SELAMANYA.” –AJ Rafael

Sources :
Conservatory, The Royal. The Benefits of Music Education. Canada: The Royal Conservatory of Music, 2014.
Rafael, AJ. 2018. About – AJ Rafael. Ajrafaelmusic.com . 25 March