Perkembangan Musik Jazz di Indonesia

Sumber: http://www.izaybiografi.com/2016/04/sejarah-musik-jazz.html

 

Pada awalnya jazz sangat identik dengan ras kulit hitam. Dan di samping itu musik jazz juga dikenal sebagai musik rintihan yang dinyanikan oleh golongan rendah (kasta bawah). Tetapi dengan bergulirnya waktu dari zaman ke zaman, music jazz semakin berkembang terutama di Indonesia. Sebagian besar pecinta musik jazz di Indonesia berasal dari kalangan anak muda. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jazz juga banyak disukai oleh orang tua, karena bisa jadi anak mengetahui musik jazz dari hobby orang tuanya yang suka mendengarkan musik jazz.

Di era modern, musisi jazz lebih kreatif dengan menggabungkan kombinasi antara musik jazz dengan genre lain. Beberapa artis yang terjun di jazz modern saat ini seperti Andien, Maliq & D’essentials, Tompi.

Beberapa pertunjukan jazz seing diadakan di kampus-kampus di Indonesia, saat ini sangat gampang mendengar lagu-lagu dengan genre jazz diputar di tempat nongkrong seperti kafe-kafe yang mayoritas tempat kumpulnya anak muda. Hingga saat ini musik jazz terus berkembang pesat seperti adanya festival music jazz, konser musik jazz yang sering diadakan dan semakin banyak musisi Indonesia yang gemar untuk memainkan musik yang bergenre jazz ini.
Sumber Penulisan : https://www.brilio.net/news/indonesia-pusat-musik-jazz-asia-11-hal-ini-buktinya-151027c.html

Triasadi Pranata