TIPS BIOLA

 

BIOLA

Disini saya bukan ingin menjelaskan tentang sejarah dari alat music biola itu sendiri tetapi saya ingin membagikan beberapa tips untuk mempelajari alat musik ini.

Hal pertama yang perlu di butuhkan adalah niat yang kuat, dimana dalam mempelajari biola ini pasti banyak hal-hal yang perlu dipelajari, misalnya

  1. Posisi memegang bow, posisi memegang bow ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kualitas nada yang kita gesek.
  2. Posisi biola, dimana posisi biola harus rata dengan bahu, tidak boleh terlalu kebawah dan juga terlalu keatas. Harus berada disamping dagu bukan di depan dagu.
  3. Posisi telapak tangan yang tidak melekat pada leher biola, hal ini sangat fatal jika terjadi, dimana jika telapak tangan menempel di leher biola akan membatasi gerak dari jari kita dan tidak bisa melakukan vibrato. Yang hanya menempel adalah jari jempol dibagian pasak biola.
  4. Arah gesekan bow, banyak orang yang menyepelekan hal arah untuk menggesek dimana menurut saya ini adalah hal penting, senar biola harus di gesek lurus bukan posisi miring keluar atau kedalam. Jadi teknik menggesek dimana hanya siku yang menjadi engsel yang bergerak bukan engsel tangan pada bahu, Karena dengan engsel siku otomatis gaya gesekannya lurus.

Hal lainnya adalah perlunya latihan setiap hari minimal 1 jam perhari, entah untuk memperdalam gesekan atau pelajari suatu lagu. Mempelajari tangga nada atau mempelajari teori tentang membaca not balok. Dimana kita bisa Karena kita biasa dan mau berkerja keras, mau sebagus apapun guru kita, semua tetap pengaruh dari seberapa rajinnya kita latihan untuk mempelancar.

Cara merawat biola:

  1. Harus menjaga suhu dari biola. Biola tidak boleh berada di suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas dan juga tidak boleh terlalu lembab, Karena dalam suhu seperti itu biola bisa berjamur
  2. Bubuk getah rosin dari bow harus dibersihkan, kenapa ini penting? Selain terlihat kurang bersih, sisa getah ini bisa melengket pada badan biola dan susah dibersihkan, cara membersihkannya bisa dengan kuas.
  3. Badan biola harus dibersihkan dengan cairan khusus, cairan khusus bisa didapatkan di toko alat musik. Biasanya cairan ini bisa membuat  biola kita lebih mengkilat dan bersih. Caranya semprotkan cairan pembersih khusus biola di bagian badan biola, lalu bersihkan dengan kapas, usahakan semua spot dibersihkan termasuk penyanggah dagu dan kepala biola.
  4. Perawatan bow, bow setelah dimainkan harus di kendurkan untuk menjaga kelengkungan dari bow , Karena kalau bulu bow terus dalam keadaan kencang bisa membuat bow menjadi lurus dan kurang bagus saat dimainkan.
  5. Menghindari benturan pada biola, di dalam biola terdapat yang namanya “jantung biola” bentuknya seperti tabung kecil yang menyanggah kayu diatas dengan dibawah, jika jantung biola ini jatuh atau terlepas, suara biola akan menjadi jelek bahkan tidak dapat bergema lagi
  6. Ekor kuda pada bow, kita harus merawat ekor kuda pada bow kita dengan cara menggesekkannya pada getah rosin dimana jita ekor kuda ini tidak ada getah rosin, maka saat digesek tidak akan mengeluarkan suara.
  7. Biola perlu di jemur sesekali, untuk biola handmade  bisa sesekali harus dijemur untuk mencegah yang namanya lembab dan juga bisa mematangkan warna asli dari kayu yang dapat berubah menjadi lebih tua dan lebih matang.

Buku yang saya rekomen untuk pemula adalah Suzuki, yaitu buku dari jepang yang menurut saya dapat memperkuat dasar kita dalam bermain biola dan dia mengajarkan sesatu yang baru dengan secara perlahan dan lagu- lagu yang ada di dalamnya lagu-lagu klasik yang familiar dan terkenal.

Cindy Aurelia Gunawan