INDONESIA YOUTH ORCHESTRA (IYO) BY RICHARD KHONAN

cth banner

Hello readers! kali ini Web BDM alias Bersama Dalam Musik bakal membahas tentang salah satu Mahasiswa BINUS University yang ahli banget bermain Biola. Siapakah Dia ? ya! langsung saja ini adalah hasil dari interview penulis dengan Richard Khonan yang Katanya sangat ahli dalam bidang bermain Biola.

INDONESIA YOUTH ORCHESTRA (IYO) BY RICHARD KHONAN

Oleh : Melody Asih Mutia

Richad Khonan, Mahasiswa Binusian 2019 kelahiran Medan, 29 July 1997. Richard Khonan telah bermain biola sejak ia menempati bangku Sekolah Dasar. Ia mengakui bahwa ia belajar dari nol dan sangat bersungguh-sungguh. Sempat juga bersekolah musik di Medan Musik dan melanjutkan perjalanan biolanya sampai ke les private biola. Tapi jangan salah, keputusan Richard untuk bersekolah musik juga didorong oleh kedua orang tuanya yang mendukugnya belajar musik khususnya Biola. Dan siapa sangka bahwa sampai saat ini Richard masih bermain Biola dan mengasahnya terus sampai kebanyakan member BDM menjulukinya sebagai “Mastah” (master).

Tapi pasti ada hal lebih menarik lagi dong yang akan dibahas. yap! betul banget. Tahu tidak sih kalian bahwa Richard Khonan ini baru saja mengikuti audisi dan menampilkan performing yang luar biasa bersama salah satu musisi yang tidak asing namanya di Indonesia yaitu mas Adie M.S ? benar sekali, pada awalnya Richard ditawari oleh guru musiknya agar ia mengikuti audisi konser “Indonesia Youth Orchestra” yang diselenggarakan oleh mas Adie M.S itu sendiri. Tujuan Richard pada audisi dan konser kali ini adalah pure mencari pengalaman di Orchestra. Dan section yang dipilih Richard pada saat audisi adalah section yang tidak asing yaitu string alias Biola.

Awal mula cerita, audisi yang dilakukan Richard Khonan adalah audisi pada umumnya. yaitu megupload video bermain musik yang akan di audisikan ke youtube. Dan degan mudah Richard Khonan mendapatkan pernyataan LOLOS dari juri. Setelah audisi babak pertama, adapula audisi babak dua dimana ia harus datang ketempat dan memainkan alunan biolanya. Pada saat itu audisi secara langsung dilakukan pada tanggal 26 Maret 2016. Konsep audisinya sendiri cukup menarik. Yaitu menggunakan konsep Blind Audition Dimana juri dan peserta tidak dapat melihat fisik mereka berlawanan dan hanya dapat mendengarkan suara saja. Hal menarik dari Richard khonan adalah dia mengaku bahwa ia sangat nervous sehingga ia harus bulak balik ke kamar kecil walaupun hanya sekedar berkaca ataupun menghilangkan kegugupannya. Dan kembali pada hasil audisi, audisi bagi yang lolos akan dikirimkan surat pernyataan lolos dan diumumkan di account facebook event IYO itu sendiri. Dan Richard Khonan pun dinyatakan lolos audisi tersebut dan akan konser bersama mas Adie M.S pada tanggal 23 April 2016.

Menjelang Konser Indonesia Youth Orchestra, Sabtu 23 April 2016 Richard Khonan sangat senang dan pastinya sangat bangga dengan prestasi yang ia raih. Ia berkomentar bahwa “di conduct dengan musisi ternama adalah hal yang tidak boleh dilupaka dan tak terlupakan” sepeti yang masyarakat ketahui bahwa karya-karya Adie M.S tidak perlu diragukan, dimulai dari partitur, conducturing, lirik dan sebagainya, Indonesia harus bangga kepada beliau. Salah satu lagu favorit Richard khonan yang dimainkan di Konser IYO ini adalah lagu He’s a pirate. Dan jelang dari konser ini, Richard mengatakan bahwa ada beberapa tujuan yang ingin ia capai. Tujuannya tersebut adalah tetap berkarya bersama BDM dan ia akan lebih rajin lagi belajar mengasah kemampuannya untuk mengkuti audisi ke Twilite Orchestra dan bertekad untuk LOLOS dan melakukan performa terbaik lagi !

So, buat kemampuan mu jadi berkesan dan tetap bahagia ya! #salamkuncup untuk next tulisan di web BDM !!

Melody Asih Mutia