Tips memilih baju renang yang tepat

 

Sumber : decathlon.co.id

Mengetahui berbagai bahan pakaian renang yang dianjurkan saja tidaklah cukup. Untuk memastikan Anda memilih pakaian renang yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya menyimak tips memilih baju renang berikut ini:

·       Pilih baju renang yang membuat nyaman

Ada baju renang yang dilengkapi penyangga dada, maupun dengan rok untuk menutupi area sekitar paha. Ada pula yang polos atau bahkan terdiri dari 2 pieces. Pastikan Anda memilih baju renang yang membuat tubuh nyaman saat mengenakannya.

·       Sesuaikan dengan ukuran badan 

Toko offline maupun online biasanya tidak memperbolehkan Anda menjajal baju renang. Oleh karena itu, pastikan Anda mengukur dan mencatat ukuran tubuh sebelum membeli baju renang.

·       Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Bentuk tubuh  memang bermacam-macam, ada yang menyerupai jam pasir, seperti segitiga, persegi, dan lain-lain. Pilih baju renang yang pas dengan bentuk badan Anda.

Yang tidak dianjurkan untuk dipakai saat berenang

Yang tidak dianjurkan untuk dipakai adalah kaus berbahan katun. Dari segi kebersihan, kaus juga lebih rentan mengotori kolam renang dibanding pakaian renang yang terbuat dari bahan lainnya. Misalnya, serat benang katun dapat terlepas dan membuat mampet filter kolam renang. Selain itu, bahan pewarna pada kaus bisa saja mencemari air kolam renang. Dari segi keamanan, mengenakan kaus dari katun atau sejenisnya dapat menghambat pergerakan di dalam air karena bahan ini sangat mudah menyerap air. Selain kaus dari bahan katun, Anda juga tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian sebagai berikut di kolam renang:

  • Legging yang dipakai setelah baju renang
  • Celana panjang, apalagi dari bahan jeans
  • Celana pendek “main”, termasuk yang terbuat dari bahan katun
  • Kaus atau celana yang sangat longgar

Sumber :

Harismi, A. (2021). Pakaian Renang Dianjurkan Berbahan Apa? Ini Tips Memilihnya | SehatQ. Retrieved 8 December 2021, from https://www.sehatq.com/artikel/pakaian-renang-dianjurkan-berbahan-apa-yang-nyaman-dan-aman