Tips Menjaga Asupan Nutrisi Ala Atlet Renang

Pola Makan

Atlet renang Indonesia I Gede Siman Sudartawa bertekad secara maksimal menjaga kondisi di tengah pandemi, terutama menyangkut pemenuhan asupan nutrisi demi menghadapi berbagai ivent internasional pada musim tahun 2021, termasuk proyeksi menembus ke arena  Olimpiade Tokyo.“Pandemi, memang cukup berpengaruh pada kondisi fisik karena tidak bisa menjalani latihan secara maksimal seperti sebelum pandemi COVID-19,” kata Siman ditulis, Minggu (29/11/2020).

Siman menyatakan, pada dasarnya nutrisi sangat penting karena menyediakan sumber energi untuk beraktivitas, karena mempengaruhi kekebalan, kekuatan, pelatihan, kinerja, dan pemulihan.  “Pada olahraga tidak hanya jenis makanan yang penting untuk nutrisi tetapi waktu yang kita makan sepanjang hari juga berdampak pada tingkat kinerja dan kemampuan tubuh kita untuk pulih setelah berolahraga,” kata Siman. 

Diungkapkan, guna mengembalikan kondisi, komposisi makanan juga diatur dengan rasio nutrisi makro – 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 30 persen lemak untuk merangsang pembakaran lemak. Proses memasak difokuskan kepada merebus, memanggang, dan mengukus.

“Paket makan sendiri terdiri dari makanan utama biasa, sarapan siang dan makan malam dengan tambahan sebelum dan sesudah olahraga, dan (jika perlu) makan malam. Target dalam 2 bulan ke depan dapat mengurangi prosentase lemak tubuh sekitar 3 – 5% dengan maksimum 7 %,” kata Siman.

Dengancara  itu, menurut Siman, bakal meningkatkan massa otot secara proporsional pada bagian penting yang pada akhirnya dapat meningkatkan tenaga dan kecepatan Siman di dalam air.

Sisi lain, Siman mengaku, sangat terbantu dengan program  Ajinomoto Kachimeshi Winning Meals yangdirancang untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi.

Dikatakan, program tersebut mengatur berdasarkan data, pelatihan, dan implementasi yang cermat sehingga mendukung seorang atlet profesional untuk berjuang mencapai yang terbaik.

Untuk diketahui, saat ini Siman Sudartawa dan atlet renang nasional seperti Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, dan Triady Fauzi Sidiq menjalani program  latihan nasional bersama dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam program pelatnas di Kolam Renag GBK Senayan Jakarta, mereka dipantau dua pelatih, Albert Sutanto dan Doni B. Utomo.

Siman dan kawan-kawan diharapkan mampu menembus kualifikasi limit A Olimpiade 2021 dan rencananya awal tahun depan para atlet renang pelatnas bakal menjalani try out menuju Australia.

Wiyono, A. (2021). Tips Menjaga Asupan Nutrisi Ala Atlet Renang. Retrieved 6 September 2021, from https://rri.co.id/olahraga/937345/tips-menjaga-asupan-nutrisi-ala-atlet-renang