Macam – Macam Olahraga Air

Ada berbagai macam olahraga yang melibatkan kegiatan di dalam air.  Berikut ini adalah daftar olahraga air bersangkutan dengan air. Termasuk olahraga Renang.

Renang

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

 

Snorkeling

Snorkeling (selam permukaan) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Arung jeram

Arung jeram merupakan kegiatan mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang. Rafting memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-19 yang di pelopori John Macgregor seorang pramuka asal Paman Sam (amerika) yang waktu itu memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado. Perkembangan seiring waktu membawa olahraga arungj jeram ke Indonesia dan berkembang sampai saat ini.

 

Scuba Diving

Scuba diving atau Selam Scuba merupakan penggunaan alat pernapasan bebas untuk berada bawah air dalam waktu lama untuk penyelaman rekreasi dan penyelaman profesional. Biasanya penyelam berenang di bawah air, namun berjalan dan penggunaan kendaraan propulsi penyelam juga dimungkinkan. Kata SCUBA merupakan sebuah akronim untuk “Self Contained Underwater Breathing Apparatus”, tetapi telah diterima sebagai kata yang menunjuk ke peralatan scuba.

Demikian Macam – Macam Olahraga yang dilaksanakan didalam air. Adapun manfaat nya yaitu, Memperkuat tulang,  Mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes, dan Mengurangi resiko penyakit kronis.