Kevin ke Marcus: Happy Retirement

Keputusan Marcus Fernaldi Gideon pensiun dari bulutangkis profesional mendapatkan respons dari pemain-pemain top dunia. Termasuk rekannya, Kevin Sanjaya Sukamuljo.
Bertepatan dengan hari ulang tahunnya pada Sabtu (9/3/2024), Marcus menyatakan gantung raket melalui media sosialnya. Keputusan itu cukup mengejutkan karena Marcus sebelumnya masuk dalam Surat Keputusan (SK) Pemanggilan Atlet tahun 2024.

Dari unggahannya tersebut, Marcus mendapat komentar ucapan dari rekan-rekannya sesama pebulutangkis dunia. Dari mulai Viktor Axelsen hingga Hendra Setiawan.

Dari semua ucapan tersebut, komentar yang paling menarik perhatian ialah dari Kevin Sanjaya Sukamuljo. “Thank you udah berjuang sama-sama selama ini. Happy retirement,” tulis Kevin seraya memberikan emoji tangan namaste.

Pernyataan Kevin memantik respons warganet yang sedih. Beberapa di antaranya bahkan berharap Kevin tidak ikut pensiun.

Bagaimana pun kembalinya Minions berlaga di kancah internasional ditunggu banyak badminton lovers. Mereka cukup lama tak bersama usai operasi tumit yang dilakukan oleh Marcus Gideon. Namun pada akhirnya duet keduanya tak pernah kembali.

Turnamen terakhir mereka tersaji di Singapore Open Juni 2023. Setelah itu, Kevin dipasangkan dengan Rahmat Hidayat, sementara Marcus berduet dengan Muhammad Rayhan Nur Fadillah pada akhir Desember 2023.

Marcus tercatat sudah meraih banyak gelar dengan rincian 19 BWF World Tour, 11 superseries, dan tiga titel Grand Prix. Dua gelar di antara itu diraih Sinyo, panggilan karib Marcus Fernaldi Gideon, bersama almarhum Markis Kido yaitu di French Open 2013 dan Indonesia Masters 2014.

Marcus bersama Kevin juga sempat dilabeli sebagai raja superseries setelah nyaris tak terkalahkan terutama pada 2017. Dari 55 pertandingan di semua turnamen, mereka hanya tujuh kali kalah, dan menyegel tujuh gelar juara sekaligus menjadi rekor baru.

Mereka juga berhasil menjadi pasangan ganda putra dengan peringkat nomor satu dunia terlama yaitu lima tahun.

sumber :
https://sport.detik.com/raket/d-7235326/kevin-ke-marcus-happy-retirement/amp