Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Mulai dari atlet hingga non-atlet, bulu tangkis masih eksis di semua kalangan, baik dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Namun tidak hanya untuk bersenang-senang saja, ternyata bulu tangkis memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga emosi. Berikut beragam macam manfaat bermain bulu tangkis.

  1. Membakar lemak tubuh

Bulu tangkis merupakan olahraga yang melatih otot jantung. Jika otot jantung kuat, maka sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Efek ini akan membuat sistem metabolisme menjadi lebih baik sehingga pembakaran lemak dapat diproses oleh tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Bermain bulu tangkis dapat menurunkan berat badan dengan mengurangi kadar kolestrol jahat. Kolesterol jahat merupakan pembentukan dari zat yang keras, tebal dan biasanya dapat ditemukan dari makanan yang mengadung lemak jenuh dan juga lemak trans yang tinggi. Dimana akan membuat seseorang rentan terkena penyakit stroke, gagal jantung, maupun serangan jantung.

  1. Memperkuat tulang

Rutin bermain badminton, akan membuat kepadatan tulang menjadi lebih tinggi. Dengan mengayunkan raket menggunakan lengan, kemudian memukul bola, berlari dan menahan tubuh untuk mengejar bola, akan memberikan tekanan kepada tulang. Kekuatan tulang yang baik akan mengurangi resiko terkena penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis).

  1. Menjaga kesehatan emosi

Tidak hanya memberikan kesehatan secara fisik, bulu tangkis juga baik bagi kesehatan mental para pemainnya. Ketika berolahraga, otak melepaskan senyawa kimiawi seperti endorfin, dopamin, dan serotonin, dimana senyawa tersebut memberikan perasaan yang bahagia ketika berolahraga. Pikiran positif yang tercipta juga akan mengusir stress dan membantu kualitas tidur.

  1. Bersosialisasi

Bulu tangkis merupakan permainan yang paling sedikitnya harus dimainkan oleh dua orang agar permainan dapat berjalan. Dengan berkembangnya kemampuan bersosialisasi, produktivitas diri akan semakin meningkat untuk bersikap kompetitif dan juga sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dan juga lebih aktif dalam melakukan hubungan sosial.

Bulu tangkis memberikan sangat banyak manfaat. Namun disamping itu, tentu saja setiap olahraga memiliki risiko cedera. Badminton merupakan permainan yang perlu berlari maupun melompat yang banyak. Pastikan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain, dan hidari pukulan yang terlalu kencang dan gerakan intens untuk mencegah terjadinya cedera.

 

Sumber:

Larastining Retno Wulandari. Kamis, 2 Februari 2023. “Manfaat Bulu Tangkis yang Sayang untuk Dilewatkan”.

https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/manfaat-bulu-tangkis/

RSUD Sawahlunto. 2021. “Penyebab Kolestrol Tinggi yang Harus Diwaspadai”.

https://rsud.sawahluntokota.go.id/penyebab-kolesterol-tinggi-yang-harus-diwaspadai/