Sejarah Kuliner Nusantara

Indonesia pada awalnya dikenal sebagai negeri penghasil rempah.Dari bumbu rempah inilah, banyak masakan khas asli Indonesia yang tercipta. Bukan itu saja sobat,Interaksi perdagangan dengan negeri luar Indonesia, menciptakan persilangan jenis masakan yang juga memperkaya selera. Dan inilah sebagian masakan Nusantara dengan kisah perkembangannya di Indonesia:

  • Rendang

Konon rendang diawali oleh kebiasaan masyarakat Minang bepergian lewat jalur air ke Selat Malaka hingga Singapura di sekitar abad 16. Perjalanan yang butuh waktu lama itu membuat para perantau harus menyiapkan makanan tahan lama karena tidak ada perkampungan yang bisa disinggahi sebelum sampai tujuan. Rendang sendiri disebut berasal dari kata merandang yang berarti memasak santan hingga kering secara perlahan. Hal inilah yang dianggap sebagai salah satu ciri khas yang sesuai untuk menjelaskan asal mula rendang.

  • Sate

Ada berbagai versi yang menyebut sejarah dari mana sate berasal. Beberapa ada yang mengatakan berasal dari pedagang Arab, India, dan juga Tiongkok. Dari sekian banyak versi itu, disebutkan bahwa sate banyak berkembang di Jawa dan Madura. Dari sanalah sate kemudian menyebar ke berbagai daerah dengan model pengembangan bumbu masing-masing. Beberapa di antaranya adalah Sate Maranggi dan Sate Padang.

  • Nasi Goreng

Masakan ini adalah masakan yang paling banyak variasinya di berbagai belahan dunia. Namun di Indonesia memang dikenal punya ciri khas tersendiri. Utamanya, karena tambahan bumbu rempah khas Indonesia. Dari berbagai literatur, disebut nasi goreng awalnya diolah masyarakat Tiongkok sejak 4000 SM. Mereka punya pantangan makan masakan yang sudah dingin. Di sisi lain, mereka juga pantang membuang makanan. Maka, sisa nasi yang sudah dingin kemudian diolah kembali dengan tambahan aneka bumbu.

Engelyne Debby