Top 3 BWF World Ranking Ganda Putri 2021

Hai Sobat Badmiton! Apakah kalian tahu ganda putri di dunia juga mempunyai prestasi yang baik loh! Simak berikut ini :

  • Yuku Fukushima & Sayaka Hirota

Yuku Fukushima dan Sayaka Hirota merupakan pemain ganda putri yang berasal dari Jepang dan berhasil menduduki peringkat 1 kejuaraan Women’s Double pada BWF World Rankings saat ini. Pada tahun 2015, Yuku Fukushima dan Sayaka Hirota meraih Fighting Spirit Award 2015 di Kejuaraan Asosiasi Bisnis seluruh Jepang. Selain itu, mereka juga pernah mendapatkan penghargaan Improved Player of the Year Award atau Pemain Terbaik di tahun 2015 dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Kemudian, pasangan ini juga berhasil memenangkan Schotish Open 2015, Chinese Taipei Masters 2016, New Zealand Open 2016, Geman Open 2017, dan Malaysia Open 2017. Banyaknya prestasi tersebut, membuat Yuku Fukushima dan Sayaka Hirota disebut sebagai pemain ganda putri terbaik di dunia, hingga mendapatkan julukan ‘Maestro Defense’.

  • Chen Qingchen & Jia Yifan

Pada BWF World Rankings, Chen Qingchen dan Jia Yifan merupakan pemain ganda putri yang berasal dari Tiongkok dan berhasil menduduki peringkat 2 kejuaraan Women’s Double di dunia. Chen Qingchen dan Jia Yifan sudah sejak dahulu dipasangkan pada usia junior, yaitu pada tahun 2013 saat keduanya sama-sama baru berumur 16 tahun. Satu tahun kemudian, pada tahun 2014 dan 2015, mereka berhasil meraih juara dunia junior atau BWF World Championship. Kemudian, selama tahun 2017, Chen Qingchen dan Jia Yifan juga berhasil mendapatkan enam gelar, seperti Indonesia Open dan China Open super 1000. Gelar itulah yang membuat pasangan ini dinobatkan sebagai pasangan ganda putri ranking 1 di dunia pada bulan November 2017. Pada tahun 2019 pun, pasangan ini berhasil memenangi lima gelar, yaitu juara China Open, All England, dan BWF World Tour Finals, dengan mengalahkan pasangan ganda putri Jepang Ayaka/Misaki dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Kemudian, pada pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 pada 31 Juli 2021, mereka juga berhasil memenangkan pertandingan semifinal ganda putri melawan pasangan Kong Hee-yong dan Kim So-yeong dari Korea Selatan.

  • Lee So-hee & Shin Seung-Chan

Lee So-hee dan Shin Seung-Chan merupakan pasangan ganda putri dari Korea Selatan yang menduduki peringkat ketiga dalam BWF World Rankings. Pasangan ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai pemain terbaik (MVP) dalam kejuaraan HSBC World Tour Finals 2020. Mereka berhasil mendapatkan penghargaan Most Valuable Player dalam acara MBN Women’s Sport Award 2021, yang diserahkan langsung oleh Dewan Olahraga Putri Korea. Mereka berhasil mencetak sejarah sebagai pasangan ganda putri korea pertama yang menjadi juara di World Tour Finals dan mengalahkan pasangan Kim So Yeong dan Kong Hee Yong dengan skor 15-21, 26-24, 21-19. Salah satu ganda putri andalan Negeri Ginseng tersebut dianggap sebagai role model para atlet berprestasi di tengah pandemi.