Sejarah PB. Jaya Raya

Hai Sobat Badminton !

Tentunya kalian tau nih tentang PB Jaya Raya yang telah menhasilkan banyak atlet-atlet berprestasi yang telah membanggakan nama Indonesia di kancah Internasional. PB Jaya Raya juga mempunyai sejarahnya lho! Yuk simak sejarah singkat PB Jaya Raya.

Perkumpulan Bulu Tangkis Jaya Raya ini sudah berdiri sejak tahun 1975 di Jakarta. PB ini lahir atas Prakarsa Gubernur DKI yaitu Ali Sadikin pada saat itu. Ide ini muncul pada saat keberhasilan Rudy Hartono yang berhasil menjadi juara Kejuaraan Bulu Tangkis bergengsi All Englang. Prestasi tersebut menginspirasi Ir. Ciputra untuk membuat dan membuka suatu Klub Bulu Tangkis di Jakarta. Keinginan beliau lantas disampaikan ke Gubernur Ali Sadikit. Ali Sadikin setuju, dan mengusulkan agar Jaya Raya juga membina cabang olahraga atletk dan speak bola.

Namun ditengah perjalannya, Ciputra membubarkan Klub atletik dan speak bola. Keduanya dianggap sulit melahirkan para atlet juara dunia. Beliau berpendapat bahwa kedua cabang olah raga tersebut masih dapat dibina oleh orang lain. Disis lain beliau ingin serius dan fokus dalam membina cabang olahraga Bulu Tangkis yang telah berprestasi ditingkat dunia. Selanjutnya setalah pembubaran kedua cabang olahraga tersebut, Ciputra dianggap tidak etis dan dikrikit oleh sejumlah media nasional dan dicap tidak nasionalis. Namun bagi beliau sendiri, hal tersebut tidaklah masalah dan dia tidak mencari popularitas, melainkan fokus menghasilkan atlet berprestasi ditingkat dunia.

Selain itu, pada awal berdirinya, PB Jaya Raya menggunakan Hall A di Gor Kuningan, Jakarta Selatan. Pada saat itu yang menjadi pelatihnya adalah Retno Kustiyah. Peran pelatih tidak hanya sebagai pelatih saja, namun juga sebagai supir yang mengantar para pemain berlatih ditempat lain. Kemudian, pusat pelatihan Jaya Raya berpindah ke komplek sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan. Seiring berjalannya waktu, secara legal dan formal Jaya Raya berdiri pada tanggal 26 Juli 1976.

Dengan mengetahui sejarah lahirnya PB Jaya Raya diatas, tentunya sekarang Sobat Badminton sudah lebih memahami nih tentang sejarah PB Jaya Raya dan mengetahui asal usul berdirinya PB Jaya Raya ya, Sobat Badminton?