Keunikan Bahasa Daerah Sumatera Utara

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara. Banyak julukan yang diberikan pada negara yang berada di antara 2 benua dan 2 samudera ini, mulai dari Negara Maritim, Negara Seribu Pulau, Paru-Paru Dunia, hingga Zamrud Khatulistiwa. Semua julukan tersebut mengacu kepada kekayaan alam dan banyaknya pulau di Indonesia. Sebut saja pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan sebagainya. Indonesia menjadi wadah bagi banyak keragaman budaya yang merupakan identitas dari tiap daerahnya. Kebudayaannyapun memiliki beragam bentuk, seperti : keragaman bahasa daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah yang khas dengan keunikan masing-masing. Sebut saja salah satu daerah di pulau Sumatera, yaitu Sumatera Utara.

Mengenal daerah Sumatera Utara dan Ragam Keunikan Bahasanya

Sumatera Utara adalah salah satu daerah di Indonesia yang sangat terkenal dengan bahasa Batak. Sebab Bahasa Batak adalah sekelompok bahasa yang sering dituturkan di Sumatera Utara. Bahasa daerah adalah bahasa yang dapat mengekspresikan kebudayaan daerah yang bersangkutan. Berdasarkan data dari Summer Institute of Linguistics (SIL 2001), bahasa Batak termasuk ke dalam bahasa daerah di Indonesia yang memiliki jumlah penutur bahasa yang cukup signifikan dan bahkan lebih dari satu juta. Siapa yang tidak asing dengan kata “HORAS” ? pada bahasa Batak, kita biasa mengenal kata ”Horas” sebagai sebuah sapaan umum. Kata tersebut sebenarnya merupakan salam khas dari Batak Toba. Salam khas ini sama halnya dengan ”Mejuah-juah” dari daerah Karo. Berbicara daerah Karo, tentunya mengingatkan kita kepada atlet tunggal putra kebanggan Indonesia “Anthony Sinisuka Ginting” yang memiliki darah keturunan Batak Karo dengan marga Ginting. Memiliki nama yang unik, namun arti nama Sang Atlet yang sebenarnya adalah “Sinisuka” adalah istilah Batak ‘Sini’ dalam bahasa Batak artinya ‘dari’. Lalu, ‘Suka’ merupakan nama desa ( kampung halaman Sang Atlet ) yang berada di Sumatera Utara. Sangat unik bukan?

Selain itu, bahasa Batak memiliki beberapa keunikan yaitu penggunaan kata dalam bahasa Batak yang kasar dan halus. Misalnya: dalam berkomunikasi bahasa yang kasar digunakan untuk pergaulan yang sudah akrab atau sejajar dan bahasa yang halus untuk pergaulan yang umum dan lebih hormat.Begitu juga dalam hal panggilan, adalah kurang sopan jika memanggil nama terhadap orang Batak yang memiliki tingkat stratifikasi sosial yang lebih tinggi dan sudah berkeluarga. Memahami arti dari sebuah bahasa adalah hal yang penting untuk menambah wawasan nusantara.

Dengan mengenal dan mengembangkan wawasan nusantara adalah hal yang penting. Sebagai warga negara yang baik, kita seharusnya dapat menghargai dan menghormati ragam keunikan setiap bahasa daerah sebagai salah satu bentuk toleransi yang bisa kita laksanakan sebagai Bangsa yang bijak di tanah air yang penuh keberagaman ini.