Soulcial 2023: Rising Stars: Empowering UMKM Gems to Shine

Jakarta, Indonesia – Pada 16 s.d 27 Oktober 2023, B-Preneur dengan bangga mengadakan acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) “Soulcial” di Kampus Binus Alam Sutera. Lebih lanjut, PKM Soulcial terbagi menjadi 2 sub-event, Bazar & Edukasi UMKM (dilaksanakan pada 16 s.d 20 Oktober 2023) dan Talkshow (dilaksanakan 27 Oktober 2023). Soulcial diambil dari kata Soul yang berarti jiwa dan Social yang memiliki arti berkenaan dengan masyarakat.  Berdasarkan perpaduan dari kedua kata tersebut memiliki makna bahwa sebagai manusia, pengalaman batin kita selalu dipengaruhi oleh interaksi sosial dan lingkungan sekitar kita.

Adapun tema Soulcial: “Rising Stars: Empowering UMKM Gems to Shine” merupakan kegiatan responsi terhadap perkembangan UMKM di Indonesia yang mirip dengan bintang-bintang muda yang memiliki potensi bersinar lebih terang. Soulcial bertujuan untuk memberikan dukungan kepada UMKM agar mereka dapat mencapai potensi penuh mereka. Ungkapan “Gems to Shine” menggambarkan UMKM sebagai permata yang perlu diolah dan diberikan kesempatan untuk bersinar, dengan “shine” mencerminkan kesuksesan dan prestasi yang dapat dicapai oleh UMKM dengan dukungan yang tepat. Keseluruhan tema ini mengkomunikasikan pesan bahwa UMKM adalah “bintang-bintang muda” dalam dunia bisnis yang memerlukan pemberdayaan dan dukungan untuk mencapai potensi sejatinya melalui pelatihan, edukasi, dan peluang yang diberikan dalam acara ini.

Rangkaian acara Bazar dan Edukasi UMKM berlangsung pada 16-20 Oktober di Atrium Binus Alam Sutera dimana 30 UMKM terpilih diberikan kesempatan untuk membuka tenant secara gratis dalam Bazar dan dibimbing oleh panitia Soulcial sebagai LO (Liaison Officer) yang bertugas untuk mendampingi dan mengedukasi tenant Bazar masing-masing dengan modul yang sudah disusun untuk 5 hari Bazar. Modul edukasi bertemakan “Content Preneur” terbagi menjadi 5 bab dimana setiap harinya, LO bertugas untuk mengedukasi 1 bab kepada tenant masing-masing saat kegiatan Bazar. Rangkaian modul edukasi terdiri dari:

Hari ke-1: Apa Itu Content Preneur dan Mengapa Penting Bagi Pelaku UMKM?
Hari ke-2: Menciptakan Konten Berkualitas yang Menarik Perhatian
Hari ke-3: Distribusi Konten dan Meningkatkan Jangkauan
Hari ke-4: Penyampaian Pesan Melalui Proses Editing Konten
Hari ke-5: Meningkatkan Brand Awareness dengan Konten yang Efektif

Bazar & Edukasi UMKM dijalankan secara simultan dimana Edukasi UMKM dijalankan di waktu senggang LO dan tenant Bazar. Setiap harinya, LO diperkenankan untuk mengedukasi sesuai materi harian yang telah disediakan sesuai modul dan untuk memastikan edukasi diterima dan dipahami oleh tenant, LO diwajibkan untuk memberikan pertanyaan kepada tenant yang dibimbing seputar materi yang disampaikan di hari itu. Di hari ke-5 Bazar & Edukasi UMKM, LO dan tenant Bazar wajib membuat video konten seputar tenant Bazar dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang dipelajari selama sesi Edukasi UMKM.

Tidak usai disitu saja, Soulcial melanjutkan sub-event Talkshow pada Jumat, 27 Oktober 2023 yang berjudul Unlocking Success: Power of Marketing and Branding in the Business Industry. Talkshow dibuka dengan meriah oleh MC, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum B-Preneur dan Vice Project Manager Soulcial. Setelah itu, sesi Talkshow dimulai dimana peserta mendapatkan pandangan baru tentang marketing dan branding dari kedua pembicara Talkshow yaitu Agata Verencia selaku Partner Alpha Team by Vision dan Co-Founder Weiji, serta Muhammad Emyranza yang merupakan Founder & Director of Smith Men’s Supply and Alga Aquatech dan Founder & Chairman Barberbox. Berikutnya, sesi Q&A pembicara dan peserta dibuka oleh MC yang disambut dengan antusias tinggi oleh peserta. Setelah sesi Talkshow dan Q&A selesai, pembicara Agata Verencia dan Muhammad Emyranza menawarkan internship dan job opportunities yang disambut dengan gembira oleh peserta Talkshow. Acara ini ditutup dengan pemberian plakat kepada kedua pembicara oleh Vice Project Manager Soulcial, pemberian doorprize E-Wallet kepada 4 peserta beruntung, sesi dokumentasi, dan penutupan acara oleh MC.

 

Ditulis oleh:
Azlya Rizq Hutahaean
Secretary at Soulcial 2023