Tips Memilih Digital Marketing Agency untuk Pengembangan Bisnis

Digital Marketing merupakan sebuah strategi yang digunakan sebuah organisasi/perusahaan untuk melakukan pemasaran menggunakan media digital dan internet. Tujuan dilakukannya pemasaran ini adalah untuk menjangkau pasar atau pelanggan yang lebih banyak. Penggunaan media dan internet dalam pemasaran suatu produk atau merek sangat efektif, karena jangkauan lebih luas dan penyebarannya lebih mudah. Jika kamu punya bisnis dan ingin menjangkau lebih banyak pelanggan, yuk simak penjelasan mengenai tips memilih Digital Marketing Agency untuk pengembangan bisnismu. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan oleh para pebisnis untuk memilih Digital Marketing Agency yang tepat :

  • Menganalisis kebutuhan perusahaan

Hal pertama yang perlu diketahui adalah apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan mengetahui kelemahan dan holes yang ada di perusahaan, maka akan lebih mudah untuk menentukan solusi yang akan ditempuh. Mengetahui kelebihan dan kelemahan dari produk pada perusahaan juga merupakan hal yang penting guna mendapatkan solusi yang tepat. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki anggaran tersendiri untuk mempersiapkan perusahaan dalam menggunakan digital marketing agency sehingga akan meminimalisir kerugian yang terjadi.

  • Melakukan riset tentang kredibilitas agency

Salah satu cara dalam melakukan riset terhadap kredibilitas agency yaitu dengan mengunjungi website perusahaan digital marketing agency. Website yang terlihat rapi, tidak asal-asalan, informatif, lengkap, dan profesional merupakan cerminan dari perusahaan agency yang juga profesional (kredibel). Tampilan website juga dapat digunakan sebagai penilaian tersendiri, seperti sekreatif apa agency tersebut dan kemampuan perusahaan digital marketing agency. Perlu diingat bahwa, agency yang kredibel memiliki alamat kantor yang benar dan lengkap.

  • Mengecek portofolio agency

Portofolio merupakan aspek yang penting dalam memilih agency. Agency yang baik pasti memiliki portofolio dengan berbagai pengalaman partner bisnis yang sudah bekerjasama dengan agency tersebut. Portofolio dapat menggambarkan kualitas pekerjaan dari agency. Dengan mengecek portofolio, maka dapat dilihat seberapa banyak partner bisnisnya, jenis kampanye iklan yang pernah dilakukannya, dan jenis bisnis yang pernah ditangani. Semakin banyak konsumen yang pernah ditangani, maka semakin banyak juga pengalaman yang telah dicapai oleh agency. Maka dari itu, banyaknya konsumen yang telah ditangani merupakan hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan.

  • Mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka perusahaan harus mencari agency yang memiliki produk dan jasa yang dibutuhkan. Perusahaan harus menggunakan jasa digital marketing agency yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga tidak salah sasaran dan pengerjaannya akan lebih efektif.

  • Melakukan pengecekan kepada SDM agency

Agency yang profesional juga dapat dilihat dari sumber daya manusianya. SDM yang baik yaitu karyawan yang memiliki pengetahuan luas terkait bidangnya, memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, terbuka akan ide-ide baru, dan mampu mencarikan solusi (problem solving) guna membantu permasalahan yang ada dalam perusahaan.

  • Mengetahui model bisnis yang digunakan

Setiap agensi digital marketing mempunyai model bisnis yang berbeda-beda, ada yang memberlakukan biaya berdasarkan per servis, per jam kerja, dan per proyek. Sehingga bisa menjadi faktor pertimbangan perusahaan untuk biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini juga berguna agar rencana anggaran untuk digital marketing agency tidak bengkak. Sehingga, pastikan perusahaan memiliki kesepakatan terkait biaya yang ditawarkan oleh agency.

  • Mencari Tahu metode dan teknologi yang digunakan

Dengan mencari tahu metode dan teknologi yang digunakan oleh agency, maka perusahaan dapat menilai seberapa efektifnya agency tersebut untuk membantu membangun brand awareness perusahaan, meningkatkan penjualan perusahaan, dan lainnya. Pastikan bahwa metode dan teknologi yang digunakan oleh agency sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  • Melakukan penelitian dan perbandingan

Perusahaan tidak dapat hanya melihat 1-2 agency saja, namun sebaiknya semakin banyak agency yang diteliti, maka perusahaan akan memiliki opsi yang lebih luas dan tepat sasaran untuk menyelesaikan permasalahan. Setelah melakukan penelitian dari berbagai agency, perusahaan dapat melakukan perbandingan guna memilih agency yang memiliki layanan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing agency, maka perusahaan dapat lebih mudah untuk melakukan riset.

Sumber : ​​Best Digital Marketing Agency Jakarta Indonesia (2022, Juli 26). Webarq.
https://www.webarq.com/id/marketing-digital-agency-jakarta

Demikianlah penjelasan tips untuk memilih digital marketing agency yang tepat. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu; menganalisis kebutuhan perusahaan, melakukan riset tentang kredibilitas agency, mengecek portofolio agency, mengecek portofolio agency, mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan, melakukan pengecekan kepada SDM agency, mengetahui model bisnis yang digunakan, mencari tahu metode dan teknologi yang digunakan dan terakhir melakukan penelitian dan perbandingan. 

 

Penulis:

  • Angelia Azarya Sinaga (Divisi Entrepreneurship Bekasi) 2502050954
  • Kanyahita Setyo Wahjudi (Divisi Entrepreneurship Bekasi) 2440104624
  • Nadira Shilla Noegroho (Divisi Entrepreneurship Senayan) 2440088356

 

Referensi:

Apa Sih Digital Marketing Itu? (2021, October 6). BINUS Online Learning. https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/10/13/apa-sih-digital-marketing-itu/

5 Tips Memilih Digital Agency Marketing Terbaik (2022, Juli 7). Kompasiana.
https://www.kompasiana.com/blogdips9234/62c64d0cbb44867ed70ea3a2/5-tips-memilih-digital-agency-terbaik

Faktor-Faktor yang Berperan pada Digital Agency dalam Pemilihan Buzzer di Twitter (2015, Juni 15). E-Journal UAJY.
http://e-journal.uajy.ac.id/4717/1/Jurnal%20Boby%20Fe.pdf

Sumber Daya Manusia yang Berkualitas (2017, 1 April). Media Neliti.
https://media.neliti.com/media/publications/226458-sumber-daya-manusia-yang-berkualitas-seb-2bb4e14c.pdf