Tips dalam memilih supplier yang baik untuk kegiatan bisnis

Menemukan supplier yang baik untuk bisnis merupakan salah satu keputusan terpenting yang harus dibuat. Karena supplier berperan penting dalam memastikan produk dan layanan agar dikirimkan tepat waktu, dengan harga yang tepat, dan sesuai dengan standar kualitas kegiatan atau perusahaan sehingga nantinya tidak membuat kegiatan bisnis kita menjadi rugi. Sebelum itu pastinya kita harus merancang produk kita terlebih dahulu, setelah itu tentukan kebutuhan apa yang dibutuhkan, baru lah kita bisa mencari supplier nya.

Setelah menemukan beberapa pilihan supplier kita perlu memilah lagi, mulai dari segi kualitas, kuantitas, maupun layanan. Dari kualitas lah produk kita akan diminati oleh calon pembeli, serta mereka akan melakukan pembelian berulang ketika merasa puas dengan apa yang diharapkan. Selanjutnya perhatikan kuantitasnya, cari tahu seberapa banyak yang bisa di supply dari supplier tersebut sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan kita. Yang terakhir layanan, seperti seberapa cepat mereka akan melayani ketika mendapatkan pesanan atau etika seperti apa yang mereka cerminkan. Jika kita tidak memperhatikan hal tersebut nantinya bisa memperlambat produksi produk.

Sumber: blog.modalku.co.id  

Memilih supplier yang salah dan Anda dapat menghadapi keterlambatan pengiriman, kualitas buruk, dan pengembalian produk. Tetapi memilih supplier yang tepat dan Anda akan mendapatkan produk berkualitas dan pelanggan yang puas.

Apa kriteria sebuah supllier yang baik? Supplier yang memiliki 5 karakteristik ini dapat dikatakan supplier yang baik. 

  • Berani bertanggung jawab 

Mengakui kesalahan bisa jadi sulit. Tetapi ketika barang Anda berada di telepon, bekerja dengan supplier berkualitas yang bertanggung jawab atas setengah dari kesepakatan mereka dapat membuat perbedaan besar. Itulah mengapa akuntabilitas untuk masalah kualitas menempati urutan teratas dalam daftar karakteristik supplier yang baik.

  • Kemampuan produksi

Sebagian besar Anda memahami pentingnya mencari supplier yang benar-benar dapat memproduksi produk yang mereka inginkan. Faktanya, banyak importir terlalu fokus pada kemampuan produksi calon supplier sehingga mereka mengabaikan pertimbangan penting lainnya.

Tetapi memverifikasi kemampuan produksi supplier lebih sulit daripada sekadar berbicara dengan perwakilan supplier yang Anda temukan. supplier yang berkualitas harus dapat secara konsisten memproduksi produk yang memenuhi kebutuhan Anda.

  • Keahlian dalam produk dan target pasar Anda

Supplier lebih mungkin mengetahui masalah kualitas umum yang terkait dengan produk Anda jika mereka memiliki pengalaman membuat produk serupa. Jika pabrik berpengalaman dalam mengekspor ke pasar sasaran Anda, mereka juga akan relatif memahami persyaratan kualitas dan hukum Anda.

  • Mudah dalam berkomunikasi

Hambatan bahasa dan budaya dapat menghadirkan tantangan nyata bagi Anda yang mencari supplier di luar negeri. Anda akan mendapat banyak manfaat dari bekerja dengan supplier yang mudah untuk berkomunikasi. Komunikasi yang efektif dapat mencegah berbagai masalah mulai dari keterlambatan produksi hingga ketidaksesuaian produk.

  • Kepatuhan dalam peraturan

Anda perlu memastikan bahwa supplier mematuhi undang-undang yang berlaku baik di negara manufaktur maupun target pasar mereka. Gagal memastikan kepatuhan terhadap peraturan dapat menyebabkan konsekuensi hukum bagi Anda dan bisnis Anda.

Seperti yang sudah diketahui, supplier adalah seseorang atau suatu bisnis yang menyuplai kebutuhan entitas bisnis lain, baik berupa bahan baku, bahan setengah jadi, maupun jasa. Dengan memiliki supplier yang memadai tentu akan membuat bisnis yang kita miliki menjadi semakin lancar kedepannya, karena supplier memiliki peran penting dalam siklus produksi yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap penilaian customer terutama bagi yang belum memiliki perusahaan saja atau dropshiper. Nah mungkin sekarang anda bisa melihat kembali apakah supplier yang anda miliki sudah sesuai kriteria diatas? 

Referensi: 

Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Anda. (2022, September 19). seller.tokopedia.com. https://seller.tokopedia.com/edu/tips-memilih-supplier/ 

Knack, O. (n.d.). Looking for Suppliers? 10 Qualities of the Best Suppliers. https://www.intouch-quality.com/blog/5-qualities-of-a-good-supplier 

Destiana, N. (2022, July 30). Supplier atau Pemasok: Pengertian, Jenis dan Contohnya. https://majoo.id/solusi/detail/supplier-adalah 

 

Dibuat oleh: 

  1. Juan Clement Tengono – Entrepreneurship – ALS
  2. Sefanur Lisfahanny – Entrepreneurship – ALS
  3. Michael Emanuel Kusnandar – Entrepreneurship – ALS