ARTI SUMPAH PEMUDA BAGI GENERASI MUDA

https://museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id/

Hari Sumpah Pemuda  diperingati setiap 28 Oktober sebagai peristiwa bersejarah bagi Indonesia yang merupakan sebuah perjuangan para pemuda Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu kemerdekaan Indonesia. peristiwa Sumpah Pemuda tentu tetap memiliki kaitan dengan kehidupan saat ini, terutama bagi generasi muda (millenial). Generasi muda dapat  mengimplementasikan wujud dari Sumpah Pemuda sesuai konteks saat ini, melalui kemajuan teknologi dan keterbukaan pemikiran. Adanya sejarah Sumpah Pemuda pada tahun 1928, pemuda saat ini juga harus memiliki tekad untuk terus berupaya menjaga kemerdekaan yang hakiki, Artinya terbebas dari intoleransi, keterbelakangan berpikir, meningkatkan rasa nasionalisme, serta menjaga persatuan dan persaudaraan bangsa.

Generasi muda Indonesia harus menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam  kehidupan sehari-hari untuk memperteguh komitmen persatuan dan persaudaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah diperjuangkan oleh para pemuda pada masa perjuangan. Karena Sumpah Pemuda membuktikan bahwa generasi muda dapat memberikan dampak signifikan dalam terbentuknya sebuah negara.

Dalam menerapkan sumpah pemuda khususnya bagi generasi millennial atau biasa disebut dengan gen Z, Generasi ini dituntut untuk memiliki sifat yang kritis dan cerdas dalam menanggapi segala hal terutama di era kemajuan teknologi saat ini yang dimana setiap individu harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Selain itu, penanaman bahwa Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pemersatu sangat diperlukan karena dengan pemahaman setiap individu terhadap Bahasa Indonesia perlu ditekuni untuk satu kesatuan negara dalam berinteraksi, hal ini juga menumbuhkan rasa bangga terhadap Bahasa dan keunikan dari negara Indonesia itu sendiri.

 Penanaman nilai sumpah pemuda pada generasi millennial perlu pemahaman lebih lanjut, karena selain menumbuhkan rasa nasionalisme, menjadi tugas bagi generasi sebelumnya untuk memahami karakter setiap generasi gen z karena tentunya kepribadian bersifat lebih modern dan memiliki prinsip yang berbeda. Dengan hal tersebut, menjadi suatu wadah bagi generasi sebelumnya untuk membantu setiap individu generasi gen z untuk memiliki sumber daya manusia yang berkembang dan mampu berkompetisi dalam dunia. Kreativitas dan inovasi merupakan penanda generasi ini, diungkapkan utamanya media sosial berkat koneksi internet tanpa jeda. Jika dulu isu kebangsaan didiskusikan dalam Kongres Pemuda, kini semuanya gaduh di media sosial. Sayangnya, teknologi lebih banyak digunakan untuk mengonsumsi, sedangkan untuk produktivitas masihlah langka.

 

 Penulis:

  • Asyraf Khairi Budiprasetyo_Entrepreneurship_Alam Sutera
  • Muhammad Rakha Ardizza__Entrepreneurship_Alam Sutera

 

DAFTAR PUSTAKA

man Now, J. Edisi Spesial Sumpah Pemuda: Sumpah Pemuda Generasi Millennial.

Putri, A. S. M., Setiawati, R., & Widodo, H. (2022). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Z. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 17-24.

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209-216.