B-PRENEUR SOULCIAL EVENT 2022

Waktu pelaksanaan     : 

Webinar : Kamis, 11 Agustus 2022

Campaign : 15 – 21 Agustus 2022

Baksos I : Rabu, 24 Agustus 2022

Baksos II : Senin, 29 Agustus 2022

Nama acara                 : B-PRENEUR SOULCIAL EVENT 2022

Tema acara                  : “Love, Care, and Affection”

Tujuan Acara              : 

  • Membuat kolaborasi gagasan kegiatan social event sebagai bagian dari generasi muda Indonesia.
  • Meningkatkan kepedulian, dan social awareness masyarakat sekitar mengenai pentingnya cinta kasih kepada seluruh makhluk hidup.
  • Meningkatkan rasa empati dan simpati serta kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Membantu anak panti sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan secara moral maupun materi.
  • Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan kondisi sesama yang membutuhkan.
  • Memberikan pengalaman yang nyata dalam mewujudkan kondisi lingkungan yang dilandasi asas cinta kasih.
  • Membangun karakter Binusian maupun non-Binusian khususnya sebagai mahasiswa sebagai generasi muda untuk tetap menjunjung tinggi nilai – nilai sosial dalam kehidupan millenial.

Pembicara                   : Esti Ernawati, M.Pd (Speaker & Public Lecturer

Jumlah peserta            : 855 Peserta

Jumlah panitia             : 38 Orang

Lampiran foto (dokumentasi acara) :

Webinar

Campaign

Baksos I

Baksos II

Kegiatan PKM ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu webinar (11 Agustus 2021), virtual campaign berupa filter instagram story yang diunggah selama 7 hari (15-21 Agustus 2021) dan melakukan kunjungan pada panti asuhan. Kunjungan ke panti asuhan disertai dengan pemberian sumbangan dan acara ramah tamah. Selain kunjungan ke panti asuhan, B-Preneur juga mengadakan pembukaan donasi yang bertujuan untuk kegiatan bansos.

Kegiatan webinar yang akan membahas tentang anak-anak berkebutuhan khusus, anak-anak dengan kondisi mental dan terlebih lebih mengenai mental illness seperti tantrum manipulatif, tantrum depresi dan sebagainya yang ternyata beraneka ragam cara penanganan dan kondisinya hingga permasalahan pada self-diagnose, dan masih banyak lagi. Melalui seminar ini, kami berharap bahwa pandangan orang lain terhadap kekurangan seseorang akan berubah menjadi kelebihan seseorang dan bahwa penyakit di zaman sekarang memiliki penanganan yang berbeda, sehingga kita jangan sampai melakukan “self-diagnose”. Terlepas dari kekurangan yang ada pada diri mereka, mereka tidak pantang menyerah dan terus maju seperti anak-anak normal lainnya yang memiliki mimpi untuk digapai. Kami berharap dengan diadakannya webinar ini, peserta dapat lebih menghargai dan bersyukur dengan semua hal yang mereka miliki dan rasakan sekarang, tidak memandang orang lain dengan sebelah mata, dan senantiasa berjalan beriringan tanpa memandang fisik dan mental orang lain.

Kegiatan virtual campaign yang dilakukan adalah dengan melakukan pengunggahan Instagram Story menggunakan template story yang telah didesain dan disediakan oleh panitia. Virtual Campaign ini akan berlangsung selama 7 (tujuh) hari dimulai dari tanggal 15 Agustus 2022 hingga 21 Agustus 2022. Unggahan Instagram story per harinya memiliki tema yang berbeda, dimana peserta harus membuat story sesuai dengan kegiatan yang telah disusun oleh panitia dengan mencantumkan hashtag #pkmsoulcial dan tag akun instagram B-Preneur (@b.preneur) dan PKM Soulcial (bpreneur_soulcial) pada story. Aturan pengunggahan Instagram story dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Jika peserta mengunggah diluar jam dan tema yang ditentukan, maka mereka dianggap tidak lolos campaign dan tidak mendapatkan benefits dari acara ini.

Kegiatan donasi akan ditujukan ke panti asuhan yang membutuhkan, kemudian kegiatan donasi akan dibuka pada saat open registration PKM Soulcial. Setelah bantuan sosial sudah dikumpulkan, jumlah bantuan sosial akan dipakai untuk membeli barang yang nanti akan dibagikan ke panti asuhan yang membutuhkan. Setelah melakukan pembelian barang bantuan sosial, panitia akan menyalurkannya secara langsung ke panti asuhan sekaligus menghibur anak-anak di panti asuhan tersebut. Panitia akan membawakan materi pengetahuan kepada anak-anak di panti sekaligus mengajak mereka bermain games dan makan bersama. Untuk menutup acara, panitia akan melakukan penyerahan bantuan sosial dari dana yang dikumpulkan dan penyerahan plakat. Seluruh pendanaan dan keuangan yang didapatkan berdasarkan kegiatan rangkaian acara ini, akan disumbangkan kepada panti asuhan yang sangat membutuhkan. Itulah sebabnya, PKM Soulcial ini diharapkan dapat membangkitkan dan meningkatkan cinta kasih sesama makhluk hidup serta meningkatkan social awareness mahasiswa-mahasiswa Universitas Bina Nusantara.