CARA CUSTOMER LOYALTY MENINGKATKAN KEBERLANGSUNGAN BISNIS

Customer loyalty bukanlah hal yang tabu di dunia bisnis. Hal ini dikarenakan dalam membangun dan menjalankan bisnis pastinya akan memperhatikan hal-hal yang sekiranya bisa bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis, salah satunya adalah customer loyalty. Terlebih, customer loyalty dapat dimanfaatkan bagi jangka pendek serta jangka panjang aktivitas bisnis perusahaan. Nah, apakah itu customer royalty? Dan seberapa pentingkah bagi keberlangsungan suatu bisnis? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!

Customer loyalty dapat diartikan sebagai kesetiaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Artinya, pelanggan yang sudah loyal cenderung akan mengutamakan untuk membeli produk atau jasa di tempat langganannya. Pelanggan juga akan menggunakan produk atau jasa secara terus-menerus karena merasa nyaman, baik itu dalam segi kualitas, harga, pelayanan, dan berbagai aspek lainnya. Tidak hanya itu, pelanggan bisa dikatakan loyal ketika mereka menyukai produk atau layanan yang ditawarkan dan kemudian merekomendasikannya kepada lingkungan sekitar. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat dipastikan bahwa pelanggan sudah memiliki keterikatan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut

Dalam suatu usaha customer loyalty sangat penting hal tersebut dikarenakan dapat memperkuat suatu bisnis untuk terus berkembang dan maju, dimana nilai keberhasilan perusahaan dapat dilihat salah satunya dengan nilai beli yang dimana nilai tersebut didapatkan dari customer. Semakin tinggi nilai yang didapatkan maka semakin tinggi pula pendapatan yang diterima perusahaan, oleh karenanya sebagai seorang pengusaha sangat penting untuk memikirkan customer loyalty. Adapun beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan jika perusahaan mampu menjaga customer loyalty, diantaranya:

  • Profitabilitas Meningkat

Adanya customer loyalty dapat meningkatkan nilai keuntungan perusahaan, hal tersebut dikarenakan pelanggan tidak ragu dengan produk yang ditawarkan hingga tertarik untuk membeli kembali produk dari perusahaan tersebut. 

  • Produk Dikenal Secara Luas

Adanya customer loyalty dapat memperkenalkan produk yang dipakainya ke individu lain, hal tersebut karena bentuk kepuasaan yang didapatkannya sehingga merekomendasikan produk yang digunakannya ke individu lain. Hal ini dapat menjadikan produk semakin dikenal secara luas oleh individu lain. 

  • Peningkatan Kualitas

Hal tersebut dikarenakan pelanggan sudah nyaman dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan, sehingga pada saat customer akan menggunakan kembali namun ada kekurangan dari produk yang ditawarkannya customer dapat memberikan masukan untuk memperbaiki produk yang dimana nantinya dapat meningkatkan kualitas produk maupun service pada perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan setia menggunakan produknya.

Bagaimana caranya untuk dapat menciptakan customer loyalty tersebut? Berikut ini terdapat enam (6) cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk menciptakan customer loyalty guna meningkatkan dan/atau mendorong keberhasilan bisnis.

  • Kenali Pelanggan 

Terdapat pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Pepatah tersebut berlaku dalam hal ini dimana perusahaan harus mengenali pelanggan-pelanggannya terlebih dahulu. Ketika itu terjadi, pelanggan akan merasa bahwa mereka diperhatikan dan dihargai. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dan puas untuk melakukan transaksi atau pembelanjaan dan menggunakan produk/jasa yang perusahaan jual. 

  • Lakukan Follow Up Setelah Penjualan Berhasil

Ketika pelanggan sudah melakukan pembelian terhadap produk/jasa yang dijual, alangkah baiknya jika perusahaan melakukan follow up seperti mengirimkan pesan email untuk mengucapkan terima kasih karena telah melakukan pembelian atau mengirimkan link survei kepuasan pelanggan atas layanan yang diberikan dan produk/jasa yang dibeli dan digunakan tersebut. Hal itu dilakukan tentu untuk menciptakan loyalitas pelanggan (customer loyalty). 

  • Menerima Segala Masukan (Feedback) Dari Pelanggan

Segala masukan yang diberikan pelanggan tentu harus diterima oleh perusahaan dengan lapang dada, sebab masukan yang diberikan tersebut dapat membantu perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Hal itu juga menunjukkan bahwa pelanggan merasa peduli terhadap perusahaan tersebut. Ketika terdapat masukan dari pelanggan berupa komplain, perusahaan dapat mencari solusinya dan memberi tahu kepada pelanggannya bahwa mereka akan menangani dan memperbaiki hal yang membuat pelanggan tersebut kurang puas. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai salah satu cara untuk menciptakan loyalitas pelanggan. 

  • Memberikan Hadiah (Reward) yang Sesuai 

Pemberian hadiah (reward) ini bertujuan untuk mempertahankan pelanggan. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat pelanggan akan merasa jenuh, bosan, atau tidak tertarik lagi dengan produk/jasa yang dijual. Reward tersebut dapat dijadikan sebagai objek terima kasih atas kesetiaan yang diberikan pelanggan terhadap perusahaan. Dengan begitu, loyalitas pelanggan akan tercipta atau bahkan semakin meningkat. 

  • Transparan dan Jujur

Perusahaan harus jujur dan transparan dalam beberapa aspek, seperti detail produk/jasa, keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Ketika perusahaan bersikap transparan dan jujur dalam aspek pemasaran, maka pelanggan akan merasa dihargai dan akan menumbuhkan rasa percaya pelanggan terhadap perusahaan itu sendiri. Namun, sebaliknya, jika perusahaan tidak jujur terhadap deskripsi produk/jasa yang dipasarkan, maka kemungkinan besar perusahaan akan kehilangan pelanggan tersebut. 

  • Terus Melakukan Inovasi

Inovasi yang dilakukan dapat berupa inovasi produk ataupun yang lainnya. Ketika perusahaan menciptakan atau mengeluarkan produk baru yang berbeda dari sebelumnya, itu akan menarik perhatian dan minat pelanggan, sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian pada produk/jasa yang dijual. Hal ini juga menjadi salah satu cara dalam menciptakan loyalitas pelanggan.  

Disusun oleh Divisi Entrepreneurship, Kemanggisan

  • Linda Dwi Kamilia
  • Nurul Yanuaristy
  • Nabila Oktaviani

Referensi

Lintas Media Danawa. 2020. “Customer Loyalty”. Diakses dari https://lintasmediadanawa.com/berita/customer-loyalty/, pada 15 September 2022, pukul 21.36 WIB.

Anggakara, Meirza. 2022. “Apa Sih Manfaat Loyalty Bagi Perusahaan dan Contohnya?”. Diakses dari https://www.linovhr.com/loyalty-program/, pada 15 September 2022, pukul 23.14 WIB.

Sodexo. 2019. “4 Cara Menciptakan Loyalitas Pelanggan, Anda Wajib tahu!”. Diakses dari https://www.sodexo.co.id/cara-menciptakan-loyalitas-pelanggan/, pada 15 September 2022, pukul 22.48 WIB.

Komunitas Bukalapak. 2021. “10 Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Agar Terus Bertransaksi”. Diakses dari https://seller.bukalapak.com/info/blog/seller-guide/115302-10-tips-meningkatkan-loyalitas-pelanggan-agar-terus-bertransaksi, pada 15 September 2022, pukul 22.48 WIB.