Pentingnya Memahami Customer Behavior untuk Meningkatkan Performa Perusahaan

Customer Behaviour merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menganalisis apa yang konsumen butuhkan, memilih, menggunakan dan membuang suatu produk atau layanan dari sebuah perusahaan/organisasi. Analisis customer behaviour akan sangat membantu suatu perusahaan/organisasi dalam memahami keputusan atau alasan alasan konsumen menggunakan ataupun membuang produk mereka. Maka dari itu, yuk kita bahas apa saja alasan dibalik mengapa kita perlu memahami customer behaviour dalam menjalankan bisnis. Disimak baik baik, yuk!

Berikut adalah alasan pentingnya memahami customer behavior dalam meningkatkan performa perusahaan: 

– Meminimalisir risiko pada perusahaan

Konsumen merupakan aspek yang penting dalam perusahaan. Sehingga, penting bagi perusahaan untuk memahami perilaku konsumen. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat merencanakan produk atau layanan yang sesuai dengan perilaku konsumen mereka. Dengan begitu, akan semakin mudah membuat penyesuaian untuk produk dan materi pemasaran perusahaan sebelum bisnis kita merilis produk atau layanan ke pasar yang lebih besar. Dengan memahami ini, perusahaan dapat meminimalisir kerugian ekonomi dan menyelamatkan reputasi perusahaan.

– Meningkatkan layanan perusahaan

Perusahaan yang sukses tidak hanya menjual produk, namun juga senantiasa memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumennya. Setiap konsumen memerlukan tingkat layanan yang berbeda karena setiap konsumen memiliki pola pikir dan sikap yang berbeda terhadap pembelian produk. Apabila perusahaan gagal dalam memahami reaksi konsumen terhadap suatu produk, maka akan ada kemungkinan juga bagi perusahaan tersebut produknya akan gagal. Sebab, layanan kepada pelanggan juga merupakan hal yang krusial dalam perusahaan.

– Merancang strategi yang tepat

Strategi pemasaran yang sukses berasal dari pemahaman akan customer behavior. Melalui penelitian customer behavior, perusahaan dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang siapa yang akan mereka layani. Dengan mengenal audiens, maka kita akan lebih memahami apa yang dibutuhkan konsumen, mengapa mereka membutuhkannya dan hal apa saja yang mereka tidak cari.  Menganalisis informasi dan menerapkannya pada perusahaan juga penting. Merancang strategi bisnis yang sempurna dapat membantu perusahaan dalam membuat produk dan kampanye yang menarik langsung ke pasar target dan juga mengurangi risiko bisnis sambil meningkatkan peluang sehingga dapat meningkatkan pembelian repeat order.

– Dapat memanfaatkan sumber daya dengan baik

Pemahaman tentang customer behavior akan membantu perusahaan untuk lebih mudah memilah sumber daya yang benar-benar dibutuhkan. Dengan penggunaan sumber daya yang tepat, maka perusahaan dapat mencapai efisiensi sumber daya sampai tingkat maksimal. Dengan mengetahui sumber daya yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan, juga dapat meminimalisir cost yang dikeluarkan perusahaan. Sebab, apabila perusahaan menggunakan sumber daya yang ternyata tidak dibutuhkan, pada akhirnya akan mengeluarkan biaya untuk hal yang sia-sia.

– Dapat memperkirakan tren yang akan muncul di pasar

Customer behavior dapat membantu memberikan insights terhadap demand pasar di masa depan. Marketing team akan mudah menemukan waktu yang cukup untuk bersiap dalam mengeksploitasi peluang yang muncul, atau menghadapi tantangan dan ancaman dengan memahami consumer behavior bisnis  tersebut. Dengan mengetahui tren di masa yang akan datang, perusahaan dapat menjadi lebih siap dalam merancang suatu produk dan sudah mendapat gambaran akan laris atau tidaknya suatu produk di masa depan nanti.

– Menerima feedback dari customer

Feedback dari customer memiliki peran yang besar terhadap pengembangan suatu produk. Perusahaan yang ingin menciptakan produk, harus dapat menilai jenis produk yang akan disukai konsumen. Hal ini berguna agar pemasar dapat memahami kesukaan dan ketidaksukaan dari konsumen terhadap suatu produk. Sehingga, perusahaan dapat merilis produknya ke pasar dan diharapkan produknya akan sesuai dengan keinginan konsumen mereka. Produk yang disukai konsumen pasti akan memiliki demand yang tinggi, sehingga produk dapat laris manis. Perusahaan juga dapat mengetahui kesukaan konsumen berdasarkan hasil penelitian berupa survei online, sampel produk dengan feedback, dan interview kepada calon pelanggan mereka. Feedback dari customer juga berguna bagi perusahaan untuk menciptakan inovasi-inovasi pada produknya.

Dari penjelasan diatas, diketahui bahwa customer behavior memiliki banyak sekali manfaat yang akan menguntungkan bisnis kedepanya. Hal ini dikarenakan dengan menganalisis customer behavior, perusahaan akan mampu memberikan pendekatan dan penawaran produk atau jasa yang lebih sesuai dengan calon customer. Maka dari itu, seorang pebisnis perlu memahami lebih dalam mengenai customer behavior agar bisnisnya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. 

Ditulis oleh: 

  • Angelia Azarya Sinaga (Divisi Entrepreneurship Bekasi) 2502050954
  • Kanyahita Setyo Wahjudi (Divisi Entrepreneurship Bekasi) 2440104624
  • Nadira Shilla Noegroho (Divisi Entrepreneurship Senayan) 2440088356

 

Referensi

Wibowo, P. T. J. (2021, May 5). Apa Itu Customer Behaviour? Warta Ekonomi. Retrieved August 16, 2022, from https://www.wartaekonomi.co.id/read340235/apa-itu-customer-behaviour

Nisa, A. C. (2020, June 24). 5 Alasan Kenapa Consumer Behavior itu Penting. Retrieved August 16 2022, from https://www.exabytes.co.id/blog/alasan-kenapa-consumer-behavior-penting-untuk-bisnis/#:~:text=Studi%20tentang%20consumer%20behavior%20ini,dan%20mengapa%20konsumsi%20konsumsi%20produk.

Qiscus2. (2021, October 25). Manfaat Memahami Consumer Behavior di Era Digital. Retrieved August 16 2022, from https://www.qiscus.com/id/blog/manfaat-memahamai-consumer-behavior/ 

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/28132/24361