AIESEC

SDG Level Up! 2022

SDG Level Up adalah salah satu inisiatif yang diadakan oleh AIESEC in Binus guna untuk menyebarkan kesadaran mengenai Sustainable Goals Development (SDG) kepada masyarakat sekitar. SDG Level Up 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 21 agustus ini mengusung tema menyeimbangkan kesehatan fisik dan kesehatan mental. Tema ini diambil dari SDG 3, yang berbunyi “Good Health and Well-being”. Panitia memilih topik ini dengan harapan mahasiswa dapat menjaga baik kesehatan mental dan kesehatan fisik mereka secara bersamaan di masa pandemi ini. Mengingat kondisi di masa pandemi ini, panitia mengadakan acara secara virtual melalui platform zoom, dimana para partisipan dapat menerima materi-materi yang akan disampaikan oleh para pembicara. Partisipan juga diharapkan untuk mengikuti kampanye melalui media sosial untuk menyebarkan kesadaran mengenai topik ini.

SDG Level Up dibuka dengan acara Opening Ceremony, dimana pembawa acara memperkenalkan AIESEC in Binus dan SDG Level Up kepada peserta. Acara dilanjutkan oleh kata sambutan dari Organizing Committee President (OCP). Setelah itu, pembawa acara menjelaskan mengenai detail jadwal kampanye dan webinar yang diadakan oleh SDG Level Up. Acara ditutup dengan sesi dokumentasi dengan para partisipan.

Masterclass merupakan webinar pertama yang diadakan pada tanggal 12 Agustus 2022, yang berjudul “Redirect Into A Better Mental Health: Don’t Self Diagnose!”. Webinar ini diisi oleh dua pembicara. Pembicara pertama adalah Nina Mazaya, seorang influencer yang membagikan materi mengenai permasalahan mental health yang dialami dan pengalamannya sebagai survivor mental health. Pembicara kedua adalah Dr. Dra. Artiawati M.App.Psych, seorang dosen psikologi dari Universitas Surabaya yang membicarakan mengenai tanggapan atas permasalahan mental pembicara pertama serta edukasi kepada audiens mengenai bentuk-bentuk kesehatan mental.

Sesi selanjutnya adalah sesi Panel Discussion, yang diadakan pada tanggal 15 Agustus 2022. Sesi ini bertemakan “Seeking the Balance of Physical and Mental Health”. Webinar ini juga diisi oleh dua pembicara, dimana pembicara pertama adalah Prof. Dra. R.A. Yayi Suryo Prabandari M.Si., Ph.D, yang membagikan materi mengenai kesehatan fisik dan bagaimana hal tersebut turut mempengaruhi kesehatan mental. Sesi dilanjutkan oleh Dr. Juneman Abraham M.Si. yang membagikan materi mengenai kesehatan mental dan bagaimana pikiran mempengaruhi kesehatan fisik seseorang.

Pada tanggal 18 Agustus 2022, diadakan sesi Workshop yang berjudul “You Are What You Eat”. Webinar ini diisi oleh Dr. Tutik Ernawati, Sp.GK yang membagikan materi mengenai pola makan sehat serta memberikan demonstrasi mengenai bagaimana cara memasak makanan yang sehat tanpa harus mengurangi cita rasa dari makanan tersebut.

Serangkaian acara ini ditutup dengan acara Closing Ceremony yang diadakan pada tanggal 21 Agustus 2022. Di acara ini, OCP menyatakan rasa terima kasih kepada partisipan karena telah mengikuti serangkaian acara yang sudah diadakan oleh panitia. MC juga membagikan konklusi dari materi yang sudah dibagikan oleh para pembicara. Sesi ditutup dengan sesi dokumentasi dengan para peserta.

Dalam rangka menyebarkan kesadaran mengenai Sustainable Goals Development (SDG), panitia juga mengadakan SDG Level Up Campaign, dimana peserta dapat berpartisipasi dalam kampanye dengan tema yang sudah disediakan. Para partisipan diminta untuk menjawab serangkaian pertanyaan mengenai kesehatan fisik dan mental yang lalu disebarkan melalui sosial media, yang diharapkan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan fisik dan mental.