AIESEC

AFL Bi-Weekly Session May 2021

Berlangsung dari Mei hingga Juli 2021, AIESEC Future Leader (AFL) adalah program yang bertujuan untuk membina pemuda dalam bentuk komunitas dalam pengembangan peran kepemimpinan pemuda dalam masyarakat. AFL terdiri dari sesi-sesi Bi-Weekly Session, dimana peserta menyertai talk dari speaker professional, training bersama coach berpengalaman, dan networking spaces.

Pada 7 Mei 2021, pembicara Albert Egmont membawakan sesi pertama yang bertema “Introduction to Emotional Intelligence”. Selain daripada mengerti kepentingan dan manfaat dari EQ baik dalam lingkungan kerja, para peserta juga mempelajari cara-cara memperoleh EQ melalui diskusi interaktif dan aktivitas hands-on. Salah satu highlight dari sesi tersebut adalah kegiatan mempraktikkan cara “reprograme the mind” dan “understand your filter” di mana para peserta menggambarkan arti kesuksesan, cara mencapainya dan mengubah fixed mindset menjadi growth mindset.

Tidak hanya itu, tema “Improve Interpersonal Skill by Critical Thinking” yang dibawa oleh Jose Montesino pada 22 Mei 2021 juga tidak kalah relevannya. Pada sesi tersebut, para peserta coba menanggulangi hambatan pada effective communication seperti perbedaan budaya, perselisihan pendapat, dan lack of interest melalui identifikasi kekuatan dan kelemahan pribadi dan adanya regulasi kata, suara, dan body language saat berbicara. Dalam konteks online learning, para peserta juga bertukar pikiran mengenai cara-cara berkomunikasi secara efektif dan menarik secara virtual.

Namun, para peserta tidak hanya mengembangkan soft dan hard skills dari sesi tersebut. Peserta juga menyertai sesi networking space pada 28 Mei 2021 dan sesi coaching setiap dua minggu, dimana peserta dapat memperluas network dengan pemuda like minded di Indonesia untuk mendiskusikan tema-tema relevan dan mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin bersama para coaches.

Elizabeth Abigail