AIESEC

Youth Leadership Summit AIESEC in BINUS 2021

YLS AIESEC in BINUS 2021

Dalam menyambut periode yang baru, AIESEC in BINUS mengadakan Youth Leadership Summit (YLS) 2021 pada 20-21 Februari 2021. Acara ini diadakan dengan tujuan agar newies (anggota baru AIESEC) dapat menemukan dan mengembangkan atribut positif sebagai AIESEC-er, terutama dalam menjadikan diri mereka pemimpin yang tangguh di dunia yang terus berkembang ini. Selain itu, newies juga diharapkan dapat memahami lebih dalam tentang AIESEC dan budayanya sehingga mereka dapat tumbuh dengan melakukan berbagai pengalaman baru, memperluas wawasan, serta menjalin tali pertemanan dan kekeluargaan di AIESEC. 

YLS merupakan salah satu acara rutin yang diadakan oleh setiap Local Committee AIESEC. Tahun ini di BINUS University, YLS diadakan bersamaan dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) dengan tema “Perjalananku di AIESEC”. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk membuka pintu bagi newies untuk memulai pengalamannya bersama AIESEC in BINUS selama satu tahun ke depan. YLS kali ini dirancang khusus agar newies dapat memahami pengetahuan umum tentang AIESEC melalui materi AIESEC Way, AIESEC 2025, AIESEC Portfolio, dan Partnership Maintenance Strategy, yang diberikan di hari pertama. Pada hari kedua, newies juga dapat merefleksikan kembali alasan serta tujuan mereka memutuskan untuk bergabung di AIESEC in BINUS yang dihubungkan dengan tujuan utama AIESEC melalui sesi Discover Your Journey as an AIESEC-er, Self Development, serta Get to Know Your Functional dan Functional Tour.

Pada awal dan akhir acara di kedua hari YLS, AIESEC in BINUS mendatangkan dua Chair yang sudah mencetak berbagai pengalaman inspiratif, yaitu Jimmy Koresy selaku LCP UPNVJ 2020 di hari pertama dan Mohamed Nasser selaku International Relations Manager of AIESEC in Morocco 2020 dan Entity Control Board Product Manager of AIESEC in Germany 2020 di hari kedua. Para chair membagikan pengalaman yang mereka jalani bersama AIESEC, sekaligus mengingatkan kita sebagai individu untuk selalu berusaha dan berpegang teguh dalam meraih tujuan kita, serta menjadikan AIESEC in BINUS semakin maju. 

Materi pertama yang dibawakan di hari pertama adalah AIESEC Way yang isinya penjelasan mengenai tujuan didirikannya AIESEC serta cara unik kami untuk meraih tujuan tersebut melalui Why, How dan What yang dimiliki AIESEC. Selanjutnya, ada sesi AIESEC 2025 yang khusus untuk membahas tujuan penting AIESEC yang ditargetkan sudah diraih pada tahun 2025, yaitu Empowering Youth Leaders, Building a Long Lasting AIESEC, dan Developing Purposeful Partnerships. Selain itu, terdapat sesi Partnership Maintenance Strategy yang membahas tentang cara kita sebagai AIESEC-er harus bisa mempertahankan Customer, Relationship, dan Management dalam AIESEC agar kita dapat menyebarluaskan tujuan AIESEC kepada masyarakat luas lebih maksimal. Terakhir adalah AIESEC Portfolio yang membahas tentang sistem dari program-program yang diberikan AIESEC mulai dari fase Engagement with AIESEC (EwA), Experimental Leadership Development (ELD), dan Life-Long Connection (LLC). 

Setelah memperdalam pemahaman seputar AIESEC, atau dikenal dengan AIESEC Knowledge, hari kedua memiliki berbagai sesi yang ditujukan agar newies merefleksikan sesi-sesinya kepada diri mereka masing-masing. Sesi pertama merupakan sesi Discover Your Journey yang menekankan bahwa perjalanan kita di AIESEC itu bagaikan Dora yang selalu berpetualang. Di dalam perjalanan, kita harus bisa menentukan Inner-Outer Journey masing-masing agar bisa mengembangkan Leadership Qualities self aware, empowering others, world citizen, dan solution oriented. Selanjutnya, ada sesi Self Development yang masih berkaitan dengan sesi sebelumnya. Sesi ini membahas tentang alasan mengapa mengembangkan kemampuan diri merupakan hal yang penting dan dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Setelah merefleksikan diri sendiri, saatnya newies bertemu dengan teman-teman satu functionalnya. Pada sesi Get to Know Your Functional, newies dipertemukan oleh LCVP dan anggota functional mereka untuk memperdalam pembahasan dasar mengenai functional mereka masing-masing. Selain itu, ada sesi Functional Tour yang dibuat agar newies dapat mengetahui objektif dari functional lain serta dapat melihat sinerginya. 

Dalam dua hari, newies diyakini sudah belajar berbagai hal mengenai AIESEC maupun untuk diri mereka sendiri. AIESEC merupakan batu loncatan, atau golden ticket yang harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh newies untuk berkembang menjadi pribadi atau leader yang lebih baik lagi. With that, newies, we welcome you to AIESEC in BINUS!