TIPS MEMBELI CPU

Oleh : Bryan Nicholas K.

Saat membeli CPU untuk komputer ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan. Memilih CPU yang tepat sangat penting dan sangat berdampak pada performa komputer. Jadi apa saja yang perlu di perhatikan saat memilih CPU?

1.   Harga

Harga sangat berpengaruh kepada performa CPU. Harga yang lebih murah akan berperforma lebih rendah, harga yang lebih mahal akan juga berperforma lebih tinggi.

2.   AMD atau Intel?

Dalam dunia CPU sejauh ini hanya ada dua perusahaan utama yang berkompetisi. Jika Anda membeli CPU AMD Anda tidak bisa mengupgrade CPU Anda kedepannya dengan CPU Intel, kecuali Anda mengubah juga motherboardnya, begitu juga sebaliknya. Keduanya mempunya kelebihan dan kekurangan masing masing, intel lebih efisien dan amd biasanya mempunyai harga yang lebih kompetitif

3.   Jumlah core

Jumlah core juga salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam performa CPU yang Anda akan beli semakin banyak core yang ada dalam CPU semakin baik juga kemampuan CPU tersebut dalam menjalakan aplikasi aplikasi berat seperti video editting, rendering, dan lain lain. Multi tasking juga akan berpengaruh dengan semaking banyak nya core dalam sebuah CPU.

4.   Integrated Graphics

Integrated Graphics akan mengelola graphic graphic yang ada dalam komputer jika di dalam komputer tidak ada GPU. Kemampuan Integrated Graphic akan sangat berpengaruh. Beberapa CPU mempunyai integrated graphic yang sangat bagus dan beberapa CPU tidak punya integrated Graphic sama sekali.

 

Jadi setelah membaca artikel singkat diatas apakah Anda sudah dapat menentukan pilihan CPU mana yang anga akan pilih?

Bryan Nicholas K.