HUT CSC 2021

Pada 12 Juni 2021, Cyber Security Community memperingati HUT yang ke-6. Master of Ceremony dari acara HUT tahun ini adalah David Christian Setiawan dan Kelly Christina. Acara dibuka dengan sambutan dari ketua acara, Putu Indra Yudananta, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Cyber Security Community, Timotius Eldwin Valentino.

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan mengenalkan Cyber Security Community kepada para peserta HUT. Pengenalan disampaikan oleh Timotius Eldwin Valentino selaku ketua Cyber Security Community periode 2021/2022, serta Master of Ceremony, David dan Kelly. Pengenalan Cyber Security Community meliputi slogan organisasi, tanggal berdiri dan resminya Cyber Security Community sebagai organisasi BINUS, visi-misi organisasi, dan divisi yang terdapat pada Cyber Security Community, yaitu Education Division, Media and Publication Division, Human Capital Division, serta Research and Development Division.

Setelah pengenalan selesai, acara dilanjutkan dengan seminar tentang C3P: Cybersecurity, Certification, and Career in Pandemic dengan pembicara Digit Oktavianto. Digit Oktavianto merupakan Info Security Consulting Manager di Mitra Integrasi Informatika serta Co-Founder dari BlueTeam.ID. Beliau juga memiliki berbagai macam sertifikasi seperti GCIH, GMON, GCFE, GICSP, dan sertifikasi lainnya.

Digit Oktavianto memulai seminar dengan membawakan materi berkaitan dengan karir di Cybersecurity. Ia menjelaskan domain-domain yang terdapat pada cybersecurity, seperti risk assessment, education/training, security operations, dan sebagainya.

Beliau juga menjelaskan bahwa kebutuhan akan talenta cybersecurity tidak hanya pada perusahaan-perusahaan IT saja, tetapi juga dibutuhkan di pemerintahan, perbankan atau financial sector, serta perusahaan yang termasuk dalam critical infrastructure, seperti perusahaan listrik, air, dan perusahaan lain yang memiliki dampak langsung ke masyarakat jika mengalami gangguan.

Untuk melengkapi jenjang karir dalam dunia cybersecurity, Pak Digit menjelaskan sertifikasi-sertifikasi yang dapat diambil. Dengan mempunyai sertifikasi di area cybersecurity dapat menjadi nilai tambah bagi individu dalam berkarir ke depannya. Beliau membagi sertifikasi menjadi dua bagian yakni vendor based seperti CISCO, FS, Checkpoint, dan sebagainya, serta non-vendor based seperti OSCP dari Offensive Security, CEH dari EC-Council, GCIH dari GIAC dan sebagainya.

 

Beliau juga menyebutkan bahwa selama masa pandemi hingga sekarang ini, kebutuhan personel dalam bidang security meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang mengubah seluruh kegiatan perkantoran menjadi online karena situasi pandemi ini. Sehingga, hal tersebut memicu tingginya demand personel dalam bidang cybersecurity.

Pak Digit menyampaikan step-by-step dalam berkarir di bidang Cybersecurity, diantaranya:

  • Creating your goals

Menentukan tujuan/arah, apa saja yang akan dicapai atau ditempuh dalam beberapa tahun ke depan.

  • Know your skill

Memahami skill atau kemampuan dan mengasahnya untuk mencapai kesuksesan

  • Skill self-assessment

Membuat penilaian terhadap progress selama mengasah skill, salah satu contohnya adalah dengan sering mengikuti kompetisi seperti CTF.

  • Developing your career plan

Menyusun rencana karir berdasarkan minat dalam dunia cybersecurity. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset mengenai pekerjaan sebagai cybersecurity dan mencoba teknik-teknik dasar cybersecurity sehingga dapat menemukan minat atau ketertarikan dalam menggeluti karir ke depannya.

  • Effective career investment

Lakukan investasi untuk diri sendiri dengan berlangganan platform pembelajaran, seperti Hack The Box, TryHackMe, ataupun platform lainnya

 

Terakhir, Pak Digit membagikan topik-topik menarik untuk di-research. Topik-topik tersebut adalah:

  • IoT Security
  • Big Data Security
  • Mobile Apps
  • Cloud Security
  • Malware Analysis
  • Digital Forensic and Incident Response
  • Governance Risk Compliance Area (Security Policy, Security Procedure, Cyber Security Framework)

Setelah Pak Digit menyampaikan seminarnya, acara terakhir adalah quiz berhadiah. Quiz berisikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan di sesi pengenalan Cyber Security Community. Pemenang dari quiz ini adalah peserta dengan username ‘Rachel’

Setelah quiz, acara ditutup dengan foto bersama dan pengisian exit ticket oleh peserta