Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis: Cyber Security Community 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis atau disingkat LDKA merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan dalam rangka merekrut aktivis. LDKA tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Maret 2021 pukul 09.00 – 15.30. Karena pandemi COVID-19, LDKA tahun ini dilangsungkan secara online melalui Zoom Meetings.

Acara LDKA bertujuan untuk mengesahkan aktivis sebagai bagian dari kepengurusan Cyber Security Community (CSC). Selain itu, dengan mengikuti LDKA, para aktivis dan staff dapat mengenal satu sama lain lebih dekat.

Kegiatan saat LDKA dibagi menjadi enam sesi utama, diawali dengan pembuka dan diakhiri dengan penutup. Keenam sesi utama tersebut adalah pengenalan CSC, Teamwork, Leadership, Administrasi, Icebreaking Session, dan Pensil (Pentas Seni Online).

  1. PembukaAcara LDKA dibuka dengan sambutan dari ketua acara, Excel Antonio, serta ketua Cyber Security Community periode 2021, Timotius Eldwin Valentino. Excel dan Timotius menyambut para peserta LDKA sekaligus memberikan semangat kepada para peserta LDKA. Para peserta LDKA juga mengerjakan pre-test pada sesi ini.
  2. Materi 1: Pengenalan CSCPada sesi pertama, materi yang dibawakan berkaitan dengan CSC. Materi ini dibawakan oleh Timotius Eldwin Valentino dan Reinaldy Sukamto, selaku Ketua dan Wakil Ketua Cyber Security Community. Pada sesi ini, Timotius dan Reinaldy mengenalkan peraturan-peraturan yang berlaku di CSC, etika-etika yang sebaiknya diikuti, serta Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) CSC. Timotius dan Reinaldy juga menjelaskan struktur organisasi Cyber Security Community. Selain itu, Rei menyampaikan bagaimana cara menyampaikan kritik yang baik menggunakan Sandwich Feedback Technique.
  3. Materi 2: TeamworkSesi kedua, yaitu, teamwork dibawakan oleh Daniel Russell, Koordinator Divisi Human Capital. Ia menyampaikan bagaimana caranya bekerja sama dengan baik. Daniel juga menyampaikan perbedaan dari tim dan kelompok. Selain itu, Daniel juga menyampaikan bagaimana menghadapi konflik yang terjadi dalam organisasi.
  4. Materi 3: KepemimpinanSesi ketiga dari LDKA membahas tentang kepemimpinan. Sesi ini dibawakan oleh Kaifa Raihanah, ketua CSC periode sebelumnya. Pada sesi ini, Kaifa menyampaikan tipe-tipe kepemimpinan. Kepemimpinan yang dimaksud adalah pemimpin yang memiliki tipe komando, pengatur, visioner, coaching, demokratis, dan afiliatif. Kaifa juga menyampaikan teori-teori yang menjelaskan asal usul kepemimpinan dalam diri seseorang secara lugas.
  5. Materi 4: AdministrasiMateri keempat dibawakan oleh Felix Alexander, selaku sekretaris Cyber Security Community periode 2021. Felix menjelaskan berbagai macam berkas dalam organisasi CSC yang perlu diketahui oleh aktivis, dimulai dari proposal acara, notulen rapat, laporan pertanggungjawaban, serta surat undangan. Felix juga menyampaikan tata cara penulisan dari setiap dokumen.
  6. Icebreaking SessionSesi icebreaking diadakan sebagai pelepas penat setelah mendengarkan materi. Pada sesi ini, peserta dan panitia bermain menggunakan platform garticphone. Cara bermainnya adalah setiap orang akan menuliskan sebuah cerita singkat, lalu peserta lain akan mencoba menggambarkan cerita tersebut. Setelah itu, peserta lain akan berusaha menebak ceritanya berdasarkan gambar yang telah dibuat. Permainan ini menarik karena satu kesalahan saja dapat membuat cerita akhir dan cerita awal sangat jauh berbeda.
  7. Pensil (Pentas Seni Online)Setelah sesi icebreaking, setiap peserta yang sebelumnya telah membentuk kelompok dan mempersiapkan karya mereka masing-masing menampilkan karyanya. Berbagai ide unik tergambarkan dalam karya yang ditampilkan. Ada yang membuat cover lagu dengan menggunakan filter buah-buahan, membuat animasi, membuat video bermain game, hingga membuat video bertajuk daily life semasa pandemi COVID-19 ini.
  8. PenutupPada sesi penutup, para peserta mengerjakan post test yang jawabannya sudah dijelaskan sebelumnya pada sesi 1 sampai sesi 4. Setelah mengerjakan post test, peserta mengisi exit ticket sebagai bukti telah mengikuti LDKA hingga akhir..