Alat Musik Capoeira

By: Desinta Rahmautami

Capoeira merupakan seni bela diri yang diiringi dengan alunan musik. Para pemain musik dalam di Capoeira ini dikenal dengan sebutan Bateria, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pengetahuan mengenai alat musik apa saja yang digunakan untuk mengiri permainan Capoeira.

Dalam Bateria terdapat 5 alat musik utama yang digunakan:

  1. Berimbau
    berimbau
     

Berimbau adalah alat musik perkusi yang berasal dari Afrika. Ini adalah alat musik paling utama di Capoeira dan yang menandakan permainan Capoeira angola atau regional. Berikut ini adalah bagian-bagian berimbau:

  • Pau (verga): Berupa tongkat kayu, verga adalah tulang punggung dari berimbau. Tongkat ini bisa dibuat dari kayu apa saja, namun kayu Berimba Afrika merupakan kayu yang terbaik untuk verga.
  • Arame: Sebuah senar metal, harus cukup kuat untuk menahan verga agar tetap melengkung dan merupakan tempat dimana baqueta dipukul untuk menciptakan suara
  • Cabaça: Sebuah labu yang dikosongkan dan dikeringkan. Digunakan untuk mengeraskan suara arame
  • Baqueta: Tongkat kecil yang terbuat dari kayu, digunakan untuk memukul arame dan menghasilkan suara
  • Dobrao: Digunakan untuk mevariasikan suara dari berimbau. Terbuat dari coin, namun sebagai alternatif bisa menggunakan batu yang rata (pedra)
  • Caxixi: Sebuah instrumen perkusi, berbentuk seperti keranjang kecil yang di dalamnya berisi biji-bijian

Terdapat 3 jenis ukuran berimbau untuk tiap ritme:

  • Gunga: Memiliki cabaca terbesar dan verga yang paling flexible
  • Medio: Memiliki cabaca ukuran sedang
  • Viola: Memiliki cabaca terkecil dan verga yang tidak terlalu flexibe
  1. Pandeiro
    pandeiro

Drum tangan dari Brazil, terbuat dari kulit dan dibingkai dengan kayu yang memiliki gemerincing dari metal di sekitarnya. Pemain pandeiro yang sudah professional memainkan pandeiro dengan memukulnya ke beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan, jari-jari, dan pinggul.

  1. Atabaque
    atabaque

Alat musik kedua terpenting setelah berimbau. Digunakan untuk membuat ketukan dan langkah di permainan Capoeira. Atabaque adalah alat musik tinggi yang terbuat daari kayu Jacaranda dan atasnya terbuat dari kulit sapi.

Terdapat 3 macam atabaque:

  1. Rum: Atabaque yang ukurannya paling tinggi dan memiliki suara terendah
  2. Rum-Pi: Atabaque berukuran sedang dengan suara sedang
  3. Le: Atabaque terpendek dengan suara tertinggi
  4. Agogô
    agogo

Agogo artinya gong atau bell. Agogo dianggap sebagai simbol kekuatan di seluruh Afrika Tengah dan Nigeria. Selain di Capoeira, agogo juga digunakan di samba. Di Capoeira agogo yang sering digunakan adalah yang terbuat dari dua bel berbentuk “u”. Bel agogo terdiri dari ukuran yang berbeda untuk variasi suara.

  1. Reco-reco
    reco-reco

merupakan alat musik perkusi Afro-Brazilian. Secara tradisional, terbuat dari bamboo atau kayu. Badannya bentuk silinder dan memiliki beberapa cekukan di sepanjang salah satu permukaannya. Reco-reco dimainkan dengan cara menggesekan tongkat kayu ke bagian yang ada cekukan.